Aljabar Bolean

Aljabar Bolean

Perancangan sirkuit digital dalam komputer digital dan sistem digital lainnya, kemudian perilakunya dianalisis, dengan penggunaan disiplin matematika yang dikenal sebagai Aljabar Boolean. Nama tersebut untuk menghormati seorang matematikawan Inggris George Boole, yang mengusulkan prinsip dasar aljabar ini pada tahun 1854 dalam risalahnya An Investigation of the Laws of Thought on Which to Found the Mathematical Theories of Logic and Probabilities.

Algoritma Boolean menjadi alat yang mudah untuk Analisis dan Desain : 

  • Analisis: Ini adalah cara yang ekonomis untuk menggambarkan fungsi sirkuit digital.
  • Desain: Dengan fungsi yang diinginkan, aljabar Boolean dapat diterapkan untuk mengembangkan implementasi fungsi yang disederhanakan.


Boolean pada dasarnya merupakan Tipe data yang hanya terdiri dari dua nilai yaitu “True” dan “False” atau “Tinggi” dan “Rendah” yang biasanya dilambangkan dengan angka “1” dan “0” pada Gerbang Logika ataupun bahasa pemrograman komputer.

Logika

  • Logika berasal dari kata Yunani kuno “logos” yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. 
  • Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur. Ilmu disini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. 
  • Kata logis yang dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal
Logika dapat berarti memberikan batasan yang pasti dari suatu keadaan, sehingga suatu keadaan tidak dapat berada dalam dua ketentuan sekaligus. Dalam logika dikenal aturan sbb : 
  • Suatu keadaan tidak dapat dalam keduanyabenar dan salah sekaligus
  •  Masing-masing adalah benar / salah. 
  • Suatu keadaan disebut benar bila tidak salah. Dalam ajabar boolean keadaan ini ditunjukkan dengan dua konstanta : Logika “0”  Logika “1

Gerbang Logoka

  • Gerbang Logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. 
  •  Dikarenakan analisis gerbang logika dilakukan dengan Aljabar Boolean maka gerbang logika sering juga disebut Rangkaian logika. 
  • Rangakaian logika sering kita temukan dalam sirkuit digital yang diimplemetasikan secara elekrtonik dengan menggunakan dioda atau transistor

Ada 7 gerbang logika :

  1. Gerbang Inventer 
  2.  Gerbang AND 
  3. Gerbang OR 
  4. Gerbang NAND (Not-AND) 
  5. Gerbang NOR (Not-OR) 
  6. Gerbang XOR (Antivalen, Exclusive-OR) 
  7.  Gerbang XNOR (Ekuivalen, Not-Exclusive-OR
Gerbang Inventer 

Gerbang AND


Gerbang OR

Gerbang NAND (Not-AND)

Gerbang NOR (Not-OR)

Gerbang NOR (Not-OR)

Gerbang XNOR (Ekuivalen, Not-Exclusive-OR)






Sumber : Materi Kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer UBY

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aljabar Bolean"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel